Trik Investasi Properti Yang Cerdas – Rumah atau Apartemen?

 


Ada banyak pilihan investasi bagi Anda yang memiliki keuangan ekstra. Perdagangan saham, investasi emas dan properti adalah yang populer saat ini. Menurut CPSSoft, investasi properti adalah yang paling lama dilakukan oleh sebagian besar orang Indonesia sejak dulu. Properti selalu mengalami kenaikan hampir setiap tahunya, dengan kemungkinan turun harga yang sangat kecil.

Investasi properti merupakan salah satu jenis investasi yang banyak diminati masyarakat. Kebutuhan akan rumah tinggal di lahan yang semakin terbatas dan gaya hidup modern membuat permintaan properti semakin meningkat.

Untuk melakukan investasi rumah atau investasi apartemen yang sedang menjamur saat ini, Anda memerlukan beberapa pertimbangan dan strategi cara investasi properti yang baik. Anda harus merencanakan dengan jelas dan tentu saja memilih lokasi yang strategis untuk tingkat pengembalian yang lebih baik dan tentu saja masih ada faktor lain untuk cara investasi properti yang menguntungkan.

Faktor utama dalam berinvestasi properti adalah berani untuk memulai. Diperlukan usaha dalam mempelajari cara investasi properti, namun hasil investasi rumah atau investasi apartemen yang diperoleh akan sepadan dengan pembelajarannya.

Berikut ini ada beberapa tips cara investasi properti untuk mendukung keberhasilan Anda:

Menemukan Pengembang Yang Baik

Anda harus mencari pengembang dengan kredibilitas tinggi. Ini adalah cara investasi properti untuk meningkatkan nilai investasi rumah atau investasi apartemen.

Lihat portofolio perusahaan, proyek-proyek yang pernah dikerjakan sebelumnya, ukuran proyek dan jika memungkinkan kualitas sumber daya manusia yang mereka miliki. Beberapa perusahaan pengembang yang besar bahkan memiliki desainer khusus untuk proyek mereka.

Lokasi Properti

Lokasi adalah kunci cara investasi properti yang tidak pernah berubah. Untuk investasi rumah, pilihlah lokasi hunian yang akan ditempati oleh end users atau pemilik rumah yang tinggal di tempat tersebut. Mereka akan tinggal lama di sana dan merekomendasikan keluarga, saudara atau teman untuk membeli di lokasi tersebut.

Pilihlah lokasi perumahan yang strategis, dekat dengan pusat kota, sekolah, kantor pemerintahan atau pusat bisnis seperti mall dan pasar. Lokasi seperti ini biasanya memiliki akses transportasi yang baik dan sangat dibutuhkan oleh para penghuni perumahan.

Fasilitas Di Sekitar Area

Perusahaan pengembang besar biasanya membuka dan mengelola kawasan baru dengan terpadu, lengkap dengan sarana dan pra-sarana seperti kolam renang/tempat olahraga, tempat ibadah, pusat perbelanjaan dan lainnya. Fasilitas yang disediakan akan menambah nilai jual properti dan mempercepat pengembalian investasi Anda.

Cara investasi properti yang baik mempertimbangkan kemudahan dan kenyamanan hidup sebagai idaman pembeli properti.

Amati Pergerakan Pasar Properti

Dapatkan informasi terkini karena pasar bergerak sesuai dengan sentimen konsumen atau tren. Mengetahui gaya bangunan yang sedang populer dan fasilitas yang paling dicari adalah cara investasi properti yang cerdas. Selain harga yang kompetitif, nuansa/konsep hunian yang menarik dan kenyamanan merupakan tolok ukur suksesnya suatu properti.

Perubahan kondisi lingkungan juga mempengaruhi nilai jual properti. Seiring dengan dibukanya kawasan baru dekat jalan tol/LRT/MRT atau atau perubahan peraturan, bisa saja harga-harga berubah dengan cepat. Pantau daerah target investasi rumah atau investasi apartemen Anda sesering mungkin.

Melihat Langsung Rumah Contoh

Luangkan waktu untuk mengunjungi lokasi properti yang sudah selesai dibangun. Lihat lingkungan sekitar dan perhatikan kondisi dalam, apakah kualitasnya sama dengan yang diiklankan. Terkadang pengembang memberikan pilihan untuk mengubah desain dengan harga yang sama atau penambahan biaya. Investasi apartemen biasanya menekankan lokasi, fasilitas dan desain interior.

Cara investasi properti yang baik adalah dengan memeriksa teliti setiap desain, ruangan serta interior (jika ada) dan bertanya sebanyak mungkin. Amati daerah sekitar perumahan untuk mengetahui fasilitas yang ada, kondisi jalan raya, kemudahan akses keluar masuk dan sebagainya.

Taruh Telur Anda di Banyak Tempat

Cara investasi properti seperti ini berarti Anda harus memiliki beberapa properti yang tersebar di berbagai tempat untuk menghindari kerugian. Di saat harga di satu daerah turun, properti Anda di tempat lain masih stabil atau naik sehingga mudah dalam membuat atau menunda keputusan jual.

Jika Anda investasi rumah atau investasi apartemen di lokasi yang sama, pilihlah lokasi yang berbeda. Misalnya rumah pertama agak di dalam (lebih privasi) dan rumah lainnya di persimpangan dekat jalan masuk (mobilitas lebih). Atau beli apartemen di lantai teratas dan lainnya menghadap ke arah jalan tertentu.

Cara investasi properti seperti ini disebut diversifikasi. Ini meminimalisir resiko karena bencana alam, perubahan peraturan, tren dan sebagainya.



Manfaat Investasi Properti

Harga Properti Meningkat

Properti hampir selalu mengalami peningkatan karena permintaan lebih banyak dibandingkan persediaan yang ada. Pertambahan penduduk menambah permintaan rumah/usaha.


Perlindungan Dari inflasi

Investasi properti melindungi keuangan Anda dari inflasi dan memberikan capital gain di masa depan. Di zaman teknologi ini tidak dibutuhkan modal besar sebagai cara investasi properti yang menjanjikan.


Bisa Dijual Kembali

Menjual kembali adalah salah satu cara mendapatkan keuntungan investasi properti. Harga yang hampir selalu naik memberikan keuntungan signifikan.


Bisa disewakan

Anda bisa menyewakan properti dan tetap menjaga kepemilikan. Investasi apartemen biasanya untuk disewakan kembali dan bisa menjadi keuntungan atau pemasukan yang stabil.


Bisa dijadikan jaminan pinjaman

Properti yang ada bisa dijaminkan ke bank untuk membeli properti lainnya. Jika Anda memanfaatkan peluang ini, investasi bisa beranak pinak tanpa mengeluarkan modal tambahan. Investasi rumah lebih mudah dijaminkan daripada investasi apartemen.


Perbandingan Antara Investasi Rumah Dan Apartemen

Investasi properti yang populer saat ini adalah investasi rumah dan investasi apartemen. Mana yang lebih baik? Investasi rumah dan apartemen dengan lokasi dan harga yang sama memberikan hasil berbeda.

Kelebihan Investasi Rumah

  • Lebih cepat untuk dijual kembali
  • Bank lebih menerima rumah sebagai bagunan dibandingkan apartemen
  • Bangunan yang berkualitas bisa menaikkan harga sewa
  • Harga jual rumah biasanya naik lebih banyak daripada kenaikan harga apartemen
Kekurangan Investasi Rumah

  • Harus memiliki asuransi kebakaran
  • Membayar biaya keamanan, kebersihan, dll secara rutin
  • Sulit mencari penyewa yang merawat rumah dengan baik selama masa sewadisewa
Kelebihan Investasi Apartemen
  • Apartemen tipe studio memiliki harga yang cenderung lebih murah dibandingkan rumah standar tipe 45
  • Fitness center atau kolam renang membuat hunian serasa lebih lengkap
  • Lebih menguntungkan saat disewakan dibandingkan rumah biasa
Kekurangan Investasi Apartemen
  • Perlu biaya pemeliharaan lebih banyak dan mengurangi penghasilan jika disewakan
  • Kurang menarik bagi bagi bank jika ingin dijaminkan
  • Hanya punya hak atas unit yang dimiliki
  • Tidak bisa menambah luas area/renovasi kecuali interior
  • Ada kemungkinan terkena efek kerusakan dari unit apartemen lain



Trik Investasi Properti Yang Cerdas – Rumah atau Apartemen? Trik Investasi Properti Yang Cerdas – Rumah atau Apartemen? Reviewed by Admin Makassar on 02.01 Rating: 5

Tidak ada komentar:

rumah makassar dot com

Diberdayakan oleh Blogger.